5 Alasan Menggunakan Domain MY.ID Untuk Website

Memilih nama domain yang tepat untuk website individu memanglah penting. Mengapa? Karena website Kamu akan menggambarkan pandangan diri Kamu juga.

Memilih nama domain yang tepat untuk website individu memanglah penting. Mengapa? Karena website Kamu akan menggambarkan pandangan diri Kamu juga. Memilih nama domain website juga harus menarik sehingga lebih mudah diingat.

Selain domain .COM, masih banyak space nama domain yang bisa kamu manfaatkan lho! Akan tetapi, saya merekomendasikan domain my.id untuk membuat situs privadi. Kamu belum tahu cara menggunakannya? Atau di sisi lain Kamu bertanya-tanya apa saja kelebihan dibanding dengan domain lainnya?

Jangan kawatir, saya memiliki beberapa alasan mengapa domain my.id layak digunakan. Dikarenakan domain ini masih baru, saya akan menjelaskan sedikit tentang domain my.id terlebih dahulu.

Skuy, simak penjelasan berikut ya!

Apa itu Domain MY.ID?

Domain MY.ID adalah jenis dari Domain .ID yang secara otoritatif diawasi oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Domain ini secara eksplisit dikhususkan untuk situs individu, seperti situs portofolio, jurnal web individu, atau alamat email individu.

Saat pertama kali diluncurkan, pendaftaran domain MY.ID memerlukan konfirmasi data pribadi menggunakan kartu identitas atau visa. Namun, sampai sekarang, kartu identitas atau tindakan pemeriksaan identitas tidak diperlukan pada saat ini. Kamu hanya perlu mengonfirmasi bahwa email Kamu masih aktif.

Lalu, apa saja kelebihan dari domain MY.ID, sehingga domain ini banyak dilirik orang? Penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Alasan Menggunakan Domain MY.ID Untuk Website

1. Harga Sangat Murah

Kamu tidak perlu merogoh kocek besar untuk membeli domain MY.ID, dikarenakan harganya yang sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 25.000,- Kamu sudah bisa memilikinya. Bahkan harganya lima kali lipat lebih murah dibandingkan dengan domain .COM dengan harga Rp 125.000,-

2. Branding dengan Identitas Diri

Domain MY.ID secara khususnya memang ditujukan untuk website personal atau pribadi. Dari nama MY.ID dapa diartikan sebagai "My Identity" atau " My International Domain", sehingga sangat cocok untuk website pribadi, blog, ataupun portofolio.

Namun perlu diingat, nama domain saja tidak cukup untuk mendeskripsikan identitas kamu, harus juga diimbangi dengan kualitas konten yang publikasikan ke website kamu.

3. Banyak Pilihan

Dibandingkan dengan nama domain .COM, domain MY.ID masih belum banyak digunakan, sehingga ketersediaan nama domain dengan ekstensi MY.ID masih juga banyak. Kamu tidak perlu mengganti nama domain pilihanmu dengan menambahkan karakter lain atau angka pada nama pilihanmu.

Mari lihat hasil pengecekan nama domain berikut:


Seperti yang kita lihat, kita tidak perlu manmbahkan karater lain pada nama domain yang diinginkan.

4. Peluang Tampil di Page One Google Tinggi

Domain MY.ID salah satu jenis dari domain .ID (ccTLD). Ternyata domain tersebut dapat meningkatkan ranking website di halaman pencarian Google. Terutama di pencarian pengguna Indonesia.

Kenapa? Dilansir dari MOZ, Google akan mendeteksi bahwa website tersebut relevan dan berhubungan dengan area tertentu, dalam hal ini Indonesia.

Jadi, jika target audiens Kamu spesifik ada di Indonesia, domain MY.ID adalah pilihan yang tepat. Website Kamu pun memiliki peluang muncul di halaman pertama Google, bahkan di peringkat pertama.

5. Akses Lebih Cepat

Selain meningkatkan peluang muncul di halaman pertama mesin pencarian, domain MY.ID juga membuat akses jadi lebih cepat. Kenapa? Sebab, Domain Name Server-nya (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh PANDI.

Jadi, pengunjung website domain MY.ID dapat mengakses website lebih cepat dan lebih hemat bandwidth. Bila aksesnya mudah dan cepat, pengunjung pun akan puas dengan performa website Anda. Hal ini secara tak langsung dapat mempengaruhi kualitas SEO Anda.

Yuk, Gunakan Domain MY.ID Sekarang!

Itulah kelebihan dari domain MY.ID yang sangat cocok untuk website atau blog personal. Dengan domain MY.ID Kamu bisa lebih hemat dibandingkan menggunakan domain .COM. Pilihan domainnyapun masih terbilang banyak.