4 Manfaat Menggunakan Kecerdasan Buatan dalam Bisnis

AI sudah banyak dimanfaatkan di berbagai jenis aspek kehidupan, salah satunya bisnis, untuk bisa mempermudah kerja manusia
M ASRAN

Pada saat ini, keberadaan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah bukanlah hal yang baru lagi. AI sudah banyak dimanfaatkan di berbagai jenis aspek kehidupan, salah satunya bisnis, untuk bisa mempermudah kerja manusia. Penasaran bagaimana keberadaan AI di dunia bisnis bisa menguntungkan para pelaku bisnis? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan dan Karyawan

Menggunakan AI merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Bagaimana tidak, teknologi satu ini bisa melakukan pekerjaan yang sifat dan skalanya tidak terjangkau atau tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Selain itu, dengan adanya AI ini, maka akan bisa mengurangi pekerjaan karyawan, sehingga bisa lebih fokus ke pekerjaan yang lebih penting lainnya. 

2. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan

Banyak pelanggan yang tak lagi menggunakan layanan atau produk dari suatu perusahaan, karena lambannya respon dari perusahaan atas komplain yang mereka ajukan. Hal ini tentu saja bukan merupakan hal yang diinginkan oleh perusahaan tersebut, mengingat hal tersebut tak hanya membuatnya kehilangan satu pelanggan, namun juga bisa memperburuk citra perusahaannya.

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan ini adalah dengan menggunakan AI. Adanya AI, memungkinkan pelanggan mendapatkan respons atas komplain atau pertanyaan yang diajukannya dengan cepat. Teknologi AI bisa bekerja selama 24 jam penuh, sehingga respons atas keluhan, pertanyaan atau saran pelanggan, secara otomatis diberikan.

3. Mengurangi Jumlah Pengeluaran Perusahaan

Salah satu cara meningkatkan pendapatan adalah dengan mengurangi pengeluaran. Nah, pengeluaran tersebut bisa dikurangi dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI ini. Adanya AI di antaranya bisa mempercepat proses produksi, sehingga biaya operasi akan bisa berkurang dibanding dengan sebelumnya. Kerja yang lebih efisien, akan mengurangi biaya yang dikeluarkan. 

4. Mempercepat Proses Rekrutmen Karyawan

Karyawan merupakan kunci dari suksesnya sebuah perusahaan. Jika karyawan yang direkrut sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka karyawan tersebut akan turut membangun perusahaan tersebut, hingga kemudian makin jaya. Namun, merekrut karyawan yang tepat bukanlah perkara yang gampang, apalagi hal tersebut membutuhkan waktu yang tak sedikit.

Adanya AI, akan membuat proses rekrutmen ini menjadi lebih tepat guna dan cepat. Pasalnya, teknologi ini bisa melakukan analisis secara otomatis dan mendalam atas setiap kualifikasi kandidat. Dengan begini, proses perekrutan yang panjang akan bisa menjadi lebih cepat, serta kandidat yang terpilih akan sesuai kualifikasinya dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang sangat membantu di era modern seperti sekarang ini, terutama sekali bagi para pelaku bisnis. Keberadaan AI di antaranya bisa memangkas biaya produksi, meningkatkan layanan pelanggan, hingga mempercepat proses rekrutmen karyawan. Dengan begini, bisnis yang dijalankan jadi efektif dan efisien.