Mengenal Pemanfaatan Fitur Breakout Room dari Zoom

Fitur ini memungkinkan Anda berdiskusi dalam kelompok kecil namun tidak akan mengganggu ruang diskusi utama.

Aplikasi zoom sekarang sangat populer dan sudah banyak dipakai masyarakat. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang, Zoom menjadi aplikasi yang sangat berguna. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, maupun pekerja. Salah satu fitur yang sering dimanfaatkan dari Zoom adalah Breakout Room. Berikut adalah 4 hal yang perlu diketahui tentang Breakout Room dari Zoom:

1. Fungsi

Setiap fitur yang ditawarkan Zoom tentu memiliki fungsi yang bermanfaat. Breakout Room memungkinkan penggunanya untuk membuat room chat yang baru di dalam sebuah pertemuan. Intinya, fitur ini akan membantu Anda membuat ruang obrolan baru dalam sebuah ruang obrolan utama yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Kelebihan

Lewat fitur ini pengguna Zoom bisa mendapat fasilitas diskusi dengan kelompok yang lebih kecil. Kelebihan fitur ini adalah mampu menghadirkan tempat diskusi yang lebih intens. Dengan begitu maka peserta yang tergabung dalam diskusi Zoom ini bisa lebih mendalami topik utama yang dibahas karena ada ruang diskusi lebih kecil yang dapat dimanfaatkan.

3. Cara Membuat

Agar bisa menggunakan fitur ini maka peserta Zoom harus membuat Breakout Room terlebih dahulu. Langsung saja menuju ke menu My Account dan klik Personal. Setelah itu pilih menu In Meeting (Advanced) dan langsung saja aktifkan menu Breakout Room. Kemudian aktifkan fitur yang memungkinkan host untuk menyetujui peserta yang akan ikut kelompok kecil ini. Setelah itu langsung klik Save.

4. Efektivitas

Fitur Breakout Room ini bisa dikatakan sangat efektif. Fitur ini memungkinkan Anda berdiskusi dalam kelompok kecil namun tidak akan mengganggu ruang diskusi utama. Jadi peserta diskusi di ruang Zoom utama tidak akan terpengaruh dengan adanya kelompok kecil

Itulah 4 hal yang perlu diketahui tentang penggunaan fitur Breakout Room dari Zoom. Fitur ini memang sangat bermanfaat asalkan digunakan dengan bijak. Pastikan untuk memakai koneksi internet yang stabil demi kelancaran sesi Zoom Anda.