Hapus File Msgstore di WhatsApp Jika Memori Ponselmu Penuh

Msgstore adalah sebuah file backup otomatis yang sering muncul beberapa bulan sekali

Bagi kalian pengguna Aplikasi WhatsApp pasti pernah merasakan penyimpanan memori ponsel tiba-tiba penuh, padahal merasa tidak pernah mengirim dan menerima pesan atau dokumen yang ukurannya yang besar, akan tetapi data WhatsApp semakin hari semakin besar.

Data atau penyimpanan yang dipakai WhatsApp umumnya berukuran 500 MB sampai 1 GB. Semakin banyak chat yang dimiliki dan semakin lama Aplikasi WhatsApp digunakan, maka data atau penyimpanan tersebut juga akan semakin besar.

Apa itu Msgstore?

Jika kalian bertanya apa itu msgstore pada aplikasi WhatsApp, Msgstore adalah sebuah file backup otomatis yang sering muncul beberapa bulan sekali. Biasanya ketika pertama kali membuat WhatsApp akan melakukan backup otomatis menjadi Msgstore.

File ini sangat berguna jika kalian meng-uninstall aplikasi WhatsApp. Jika masuk kembali ke akun WhatsApp makan riwayat chat yang di backup secara otomatis akan tampil.

Apakah berbahaya jika hapus file Msgstore?

Seperti hapus file temp, menghapus file Msgstore tidaklah berbahaya, melainkan menguntungkan bagi pengguna dikarenakan ruang penyimpanan akan lega kembali. Untuk menghapusnya kalian bisa akses folder WhatsApp > Database.

Lalu tandai semua file yang ada di folder Database lalu hapus. Selanjutnya kalian bisa hapus sampah dan cache menggunakan fitur bawaan hp kalian atau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga supaya tidak ada lagi sampah atau cahce yang tertinggal.

Perlu diingat bahwa, jika sudah menghapus file Msgstore, maka kalian wajib melakukan backup manual sebelum uninstall Aplikasi WhatsApp. Karena jika tidak di backup manual kalian tidak akan mendapatkan backup terakhir dikarenakan file Msgstore sudah tidak ada.

Itulah ulasan singkat mengenai file msgstore yang ada di folder database aplikasi WhatsApp. Rata-rata ukuran tiap file Msgstore adalah mulai dari 50 MB sampai dengan 200 MB. Semakin banyak jumlah filenya makan ruang penyimpanan telepon kalian akan berkurang dengan sia-sia.